DPC PMKRI Cabang Kupang Periode 2018/2019 Resmi Dilantik

“Sama seperti Yesus yang datang ke dunia mewartakan sabda Allah, namun, masih saja dirongrong oleh orang yang tidak mengimani Dia. Banyak juga kritikan pedas dan bahkan ditangkap, dihukum, hingga wafat di kayu salib. Dan, kita yang ada di dunia, justru berjuang untuk bagaimana meneladani Yesus, memikul salib kita masing-masing terutama hidup di lembaga, organisasi, lingkungan dengan beragam kekhasan, harus berlandaskan spiritualitas Yesus Kristus,”

DPC PMKRI Cabang Kupang Periode 2018-2019
Kupang, Verbivora.com- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Kupang St. Fransiskus Xaverius Periode 2018/2019 resmi dilantik oleh Ketua Presidium PP PMKRI St. Thomas Aquinas, Juventus Prima Yoris Kago pada, Jumad (27/07/2018) bertempat di aula Taman Budaya, Kupang.

Kegaitan ini dihadiri oleh segenap anggota PMKRI, senior, alumni, OKP Cipayung, HIPMI,  dan undangan lainnya.

Mengangkat tema “Barangsiapa Ingin Besar Di Antara Kamu, Hendaklah Ia Menjadi Pelayanmu,” kegiatan ini diawali misa yang dipimpin oleh Rm. Leo Apong, Pr.

Dalam khotbahnya, Rm. Leo Apong, Pr mengatakan, PMKRI adalah organisasi yang mempunyai warna kekristenan khususnya Katolik. Tentunya tidak gampang beban yang diletakan pada pundak organisasi PMKRI yang berkiblat ditengah bangsa Indonesia. “Jadi, di setiap pelosok negeri ada PMKRI, orang akan menyadari bahwa mereka itu adalah pejuang-pejuang kebenaran dan keadilan,” katanya.

Dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan, banyak tantangan dan rintangan yang akan dihadapi. Ia menghimbau, PMKRI harus menjiwai spiritualitas Yesus Kristus.

“Sama seperti Yesus yang datang ke dunia mewartakan sabda Allah, namun, masih saja dirongrong oleh orang yang tidak mengimani Dia. Banyak juga kritikan pedas dan bahkan ditangkap, dihukum, hingga wafat di kayu salib. Dan, kita yang ada di dunia, justru berjuang untuk bagaimana meneladani Yesus,  memikul salib kita masing-masing terutama hidup di lembaga, organisasi, lingkungan dengan beragam kekhasan,  harus berlandaskan spiritualitas Yesus Kristus,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelantikan DPC PMKRI Kupang, Damasus Lodolaleng mengatakan, sebagai kaum muda harapan gereja dan bangsa mestinya secara cepat dan bijak untuk terus menepis arus globalisasi ini dengan memperkuat diri serta ikut terlibat dalam rutinitas kegiatan organisatoris sehingga generasi muda terus memperkuat untuk menepis semuanya ini,” ujar Damas dalam laporannya.

Selanjutnya, Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang terlantik, Engelbertus Boli Tobin dalam pidatonya mengatakan, "dentuman idealisme kaum muda berhasil memporak-porandakan penjajah dan segala antek-anteknya yang berusha menguasai bangsa dan negara Indonesia. Singkat sejarah, pemuda Indonesia adalah pemuda yang gagah dan hebat”, tegasnya.

 
“PMKRI adalah salah satu organ muda yang berani dan hebat berdiri di garda terdepan untuk menunjuk arah, berdiri di samping untuk menjaga keseimbangan dan berada di belakang untuk menjadi pendorong perubahan,” tutur mantan Ketua Umum API Reinha Rosari ini.

Lantas Quo Vadis (Hendak ke mana) PMKRI masa kini?
Situasi kekinian bangsa dan negara seakan memantik nurani sadar kita untuk bergerak dan tak boleh tinggal diam:

1. Kita tetap waspada dan sigap siaga pada persoalan ekstremisme dari kelompok kaum intoleran yang berupaya merongrong Pancasila sebagai dasar negara. Kelompok yang menganggap perbedaan sebagai masalah, kelompok yang menjadikan SARA sebagai alat perjuangan mencapai tujuannya. Kelompok-kelompok seperti itu ada di sekitar kita. PMKRI terus menjadi spionase genius meredam, mencerahkan, dan melawan segala bentuk kegiatan yang anti pancasilais.

2. Kita tidak boleh diam terhadap segala praktek KKN yang masih menjadi masalah serius.

3. Kita harus terus  mengawasi dan meneriakan segala bentuk penyalahgunaan jabatan dan wewenang para penguasa yang tidak pro kepada kaum tertindas. Yang pro pada borjuis kapitalis dan bermain mata kelingking berkait dengan kelompok elite bermodal. Mafia proyek, praktek jual beli jabatan, praktek pelayanan publik berbelit-belit.

4. Kita harus aktif memberikan pendidikan politik. Kita sekarang diperhadapkan pada tahun politik. Pertarungan dan perhelatan politik untuk memilih presiden dan wakil presiden, DPR pusat dan daerah, DPD.

Sebagai fungsi kontrol sosial, PMKRI harus memberikan pencerahan politik kepada masyarakat untuk tidak memilih politisi busuk. Politisi yang menjadikan SARA sebagai alat perjuangan, politisi yang menjadikan uang sebagai alat membeli suara, politisi yang mengadu domba masyarakat, politisi yang tidak produktif ide gagasan, politisi yang berorientasi pada mengumpul pundi-pundi harta kekayaan untuk memperkaya diri, kelompok dan partai.

5. Tetap kokoh menjaga penegakan supremasi hukum. Mendorong penyelesaian kasus-kasus publik secara cepat dan efisien.

“Saya juga mengajak rekan-rekan organ muda mulai dari level nasional sampai tingkat daerah Teman-teman Cipayung, mari kita terus bergeliat dalam diskusi dan gerakan. Kita tetap menjadi laboratorium ide, gagasan dan aksi dalam percaturan kaum muda Indonesia yang tinggal di NTT. Kita punya tanggung jawab moral yang satu dan sama. Kita harus sama-sama memikirkan persoalan kemiskinan, masalah pendidikan yang masih carut-marut, menghidupkan gerakan literasi, terlibat dalam mengadvokasi masalah kesehatan dimana kematian ibu dan bayi yang masih tinggi,  serta isu nasional stunting yang lagi mengemuka menempatkan NTT sebagai provinsi dengan masalah stunting (perawakan pendek dgn masalah perkembangan ota tertinggi. NTT Menempati urutan ke 34 dari 34 provinsi, masalah human traficking dengan maraknya kematian TKI/TKW asal NTT pulang tinggal nama, barometer indeks korupsi yang masih melambung tinggi,” ajaknya.

“Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi organ muda dalam membangun kapasitas diri menjemput kematangan masa depan individu menuju masa depan kolektif yang sinergis. Kita sama-sama menghidupkan analisa, mengasah pola pikir dan mendaratkan gerakan secara kontinu dan tepat sasaran,”harap mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang tersebut.

Ia juga mengharapkan kepada DPC yang barusan dilantik, agar, harus mendedikasikan dirinya dalam mejalankan progam-program selama satu periode ke depan. Dan, Apabila DPC tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, maka sewaktu-waktu  ia akan mereshuffle,”jelas Tobin.

Mengamati situasi perpolitikan bangsa Indonesia, Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, Juventus Prima Yoris Kago menegaskan, kaum muda, mahasiswa, sudah terpapar gerakan-gerakan radikalisme, virus-virus ekstremisme sudah masuk ke kampus-kampus, khususnya kampus negeri.

Menurutnya, hal itu cukup mengkhawatirkan dan berbahaya karena bisa mengakibatkan disintegrasi bangsa jika tidak dicegah.

Sehingga, Pengurus Pusat PMKRI St. Thomas Aquinas melakukan gerakan plaftorm keindonesiaan kita dengan  #Kita_Indonesia.

“Berdasarkan kesepakatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PMKRI di Medan, ada lima Kota di Indonesia yang menjadi titik gerakan #Kita_Indonesia yakni, Kupang, Semarang, Makassar, Pekanbaru, dan Banjarmasin.

Untuk itu, tambah Jipik sapaan Juventus Prima Yoris Kago perlu singergisitas organ Cipayung untuk menepis gerakan radikal dan ekstremisme di Indonesia.

Kepada DPC PMKRI Kupang terlantik, ia menegaskan agar, DPC harus mampu membaca tanda-tanda zaman. Pola dan sistem pembinaan lama harus diubah sesuai model pembinaan yang baru, tak terkesan kaku, melainkan transformasi organisasi yang berkompeten dan kontekstual ‘kekinian’, ujar mantan Ketua BEM Fakultas Hukum Undana Kupang ini.

Kemudian, melihat peliknya masalah bangsa dan negara maka sebagai Pengurus Pusat PMKRI,  mendorong potensi maksimal perhimpunan menuju transformasi sosial melalui pengaktifan saklar positif pikiran menuju pada karya yang positif. Kekuatan PMKRI tidak hanya terletak pada anggota aktif semata tapi kekuatan alumni, senior dan anggota penyatu, dan untuk kita semua yang cinta perubahan kebaikan.

Selain itu, Agustinus Payong Boli, Chrispianus Boro Tokan, Yohanes Kaunang hadir memberikan kontribusi pemikiran, gagasan, motivasi bagi segenap kader PMKRI Cabang Kupang. 

Mewakili Penjabat Gubernur NTT, Sisilia Sona dari Lembaga Kesbangpol memberi pesan, PMKRI Cabang Kupang membuka mata melihat segala persoalan yang telah terjadi serta yang akan datang untuk maju mempersiapakan diri menjadikan diri sebagai pemimpin visioner yang mampu membawa perubahan yang berpegang teguh pada prinsip kepemimpinan yang berintegritas serta realistis demi terwujudnya bangsa, terkhususnya NTT ke depan yang lebih baik. (y/s)

COMMENTS

Nama

#Kita_Indonesia,15,#Pilpres2019,3,#RUUPesantrendanPendidikanKeagamaan.,1,Agama,1,Agus,1,Ahok,4,Aksi 2 Desember,1,Aksi Damai,1,Aktivis,1,Amandemen,1,Amnesti,1,Anas,1,Anastasia Rosalinda B,1,ANBTI,1,Andre Pareira,1,Angelo Wake Kako,1,Anies,1,Anies-Sandi,1,Anis Baswedan,1,Apel Kebangsaan,1,Artikel,2,AS,3,B ERITA PMKRI,1,BADJA NTT,1,Banjarmasin,1,Bara Pattyradja,1,Bayi,1,Beijing,1,Beijng,1,Berita,1,berita PMKRI,2,Berita PMKRI Kupang,2,Berita PMKRI Pusat,14,Berita PMKRI Ruteng,2,Berita PMKRI Samarinda,1,Bhumibol,1,Bogor,1,Bogor Tolak Khilafah,1,BPKP,1,Buaya,1,Bunda,1,Buni yani,1,Cagub,1,Cegah Radikalisme,3,Cerpen,3,Chrisantus Nana,1,Cipayung Plus,1,Daerah,26,Demo Susulan,1,Demokrasi,4,Den Haag,1,Denpasar,1,Densus Tipikor,1,Desak,1,Dhani,1,Dialog,1,Dibekap,1,Dibenturkan,1,Diciduk,1,Diplomasi,1,Dipolisikan,1,Dirjen Bimas Katolik,1,Ditangkap,4,Ditendang,1,Diteror,1,Djarot,1,DPD,4,DPD-RI,1,DPRD NTT,1,Dukun,1,Duta Genre,1,Ekologi,1,Eksekusi,1,Epenk Djawang,1,Era 4.0,1,Fahri,1,Febby Siharina,1,Florianus Herminus Mau,1,Fokus,8,Freeport,2,Gabriel Toang,1,Gadungan,1,Geert Wilder,1,Gempa Lombok,6,Gempa NTB,3,Gempa Palu,3,Gempa Palu #Kita_Indonesia,4,GP Ansor,1,Gratifikasi,1,Greget,1,GUSDURian,1,Gusma,1,Habib Riziq,1,Hari Kartini,3,Hari Pahlawan,3,Hillary,1,Hillary Clinton,1,Hindari Kriminalisasi,1,Hoax,1,Human Trafficking,2,ICRP,1,ICW,1,Ignatius Pati Ola,1,Impor Garam,1,Intan,1,Intelijen,1,Internasional,25,IrmanGusman,3,ISIS,1,Islamophobia,1,Israel,1,Istri Dimas kanjeng,1,Jaga Toleransi,1,Jajak Pendapat,1,Jakarta,23,JEMI BERE,1,Jipik,1,Jokowi,2,Jurnalistik,1,Kabar PMKRI Maumere,2,Kabar IMCS,1,Kabar PMKRI,11,Kabar PMKRI Ambon,3,Kabar PMKRI Bogor,1,kabar PMKRI Denpasar,1,Kabar PMKRI Jambi,1,Kabar PMKRI Makassar,2,Kabar PMKRI Malang,2,Kabar PMKRI Mataram,1,Kabar PMKRI Nasional,1,Kabar PMKRI Nias,1,Kabar PMKRI Palopo,1,Kabar PMKRI Pekanbaru,5,Kabar PMKRI Pematangsiantar,1,Kabar PMKRI Pontianak,1,Kabar PMKRI Ruteng,5,Kabar PMKRI Samarinda,3,Kabar PMKRI Sintang,1,Kabar PMKRI Yogyakarta,2,Kalimantan Selatan,2,Kampanye,2,Kapolda,1,Kapolda Metro Jaya,1,Kapolri,2,Kasidi,1,Katolik,1,Kebhinekaan,2,Kejari,1,Kekerasan Militer,1,Kembalikan,1,Khawatir MUI Ditunggangi,1,Kita Indonesia,16,Komnas HAM,2,Komputer,1,KontraS,1,Korupsi,1,KPK,3,KWI,1,Lembaga Kajian PP PMKRI,1,LIPI,1,Logo PMKRI,1,Lulung,1,Mahasiswa Papua,2,Mahmudi,1,Majelis Adat Dayak,1,Makasar,1,Malang,1,MANGGARAI,1,Mars Wera,1,Marz Wera,1,Mata Rakyat,1,MEA,1,Megawati,1,Menag,1,Menhan,1,Menlu Tongkok,1,Michell Rompis,1,Militan,1,Militer,1,MPAB,3,MPAB PMKRI Ruteng,1,Muchdi,1,Munir,1,Mutilasi,1,Myanmar,1,Narkoba,1,Nasional,79,Natalius Pigai,1,Nawacita Jokowi Gagal,1,New York,3,NKRI,1,NU,1,Obama,1,OMK,1,Opini,46,Orang Muda,1,Ormas,1,Ovin Gili,1,Papua,2,Parade Bhineka Tunggal Ika,1,Pariwisata,1,Partai Komunis,1,Patung Buddha,1,Paulus Gemma Galgani,1,Paus,2,Paus Fransiskus,1,PDIP,1,Peduli Kemanuisan.,1,Pembangunan,1,Pemboman,2,Penangguhan,1,Perbedaan,1,Perempuan,1,Pesan Prabowo,1,PHPT PP PMKRI,1,Pilkada,2,Pilkada Damai,1,Pilkada Jakarta,2,Pilpres 2019,5,Pilpres2019,4,PKB,1,PMII,1,PMKRI,41,PMKRI ATAMBUA,1,PMKRI Bandar Lampung,1,PMKRI Banjarmasin,1,PMKRI Bengkulu,1,PMKRI Ende,2,PMKRI Jakarta Pusat,2,PMKRI Jayapura,1,PMKRI Juara,1,PMKRI Kendari,1,PMKRI Kupang,7,PMKRI Makassar,3,PMKRI Malang,4,PMKRI Manado,1,PMKRI Maumere,7,PMKRI Palembang,1,PMKRI Peduli,6,PMKRI Pontianak,1,PMKRI Sungai Raya,1,PMKRI Tondano,1,PMKRI Tual,1,PMRI Ende,1,PNS,1,Polemik UPR,1,Polisi,3,Politik,1,Politisasi SARA,1,POLTEK Kupang,1,PP GMKI,1,PP PMKRI,10,Press Release,5,Pribumi,1,Profil,1,Puisi,11,Pungli,1,Putin,1,Radikalisme,1,Raja,1,RAKERNAS,1,RAKERNAS PMKRI,3,Ratna Sarumpaet,1,Refleksi Hari Kartini,2,Regional,35,Rendi,1,Rendy Stevano,2,Rikard Djegadut,1,Risma,1,Rizieq,2,Robertus Dagul,2,Rudal,1,Rumah,1,Rusia,1,Sakinem,1,Samarinda,3,Sandiaga,1,Seribu Lilin,1,Setya Novanto,2,Siaran Pers,3,Sistem,1,Siti Zuhro,1,Somalia,1,SPI,1,Strategi,1,Sukmawati,1,Suriah,1,Swedia,1,Tahan Ahok,1,Tanjung Balai,1,Tedy Ndarung,1,Teologi Maut,1,Tepo Seliro,1,Teresa,1,Terorisme,1,Thomas Tukan,1,Thomson Sabungan Silalahi,1,TNI,3,Tolak HTI,2,Tomson Silalahi,1,Transaksi,1,Trump,3,Tumor Ganas,1,Uang,1,UNDANA Kupang,1,Unipa Maumere,1,Uskup Kupang,1,Vebivorian,1,Verbivorian,8,Verbivorian. PMKRI Jakarta Pusat,2,Wali Kota,1,WaliKota,1,Wanita Berjilbab,1,Wartawan,1,Wikileaks,1,Wiranto,1,Xi Jimping,1,Yensiana,1,Yogen Sogen,3,
ltr
item
VERBIVORA.COM: DPC PMKRI Cabang Kupang Periode 2018/2019 Resmi Dilantik
DPC PMKRI Cabang Kupang Periode 2018/2019 Resmi Dilantik
“Sama seperti Yesus yang datang ke dunia mewartakan sabda Allah, namun, masih saja dirongrong oleh orang yang tidak mengimani Dia. Banyak juga kritikan pedas dan bahkan ditangkap, dihukum, hingga wafat di kayu salib. Dan, kita yang ada di dunia, justru berjuang untuk bagaimana meneladani Yesus, memikul salib kita masing-masing terutama hidup di lembaga, organisasi, lingkungan dengan beragam kekhasan, harus berlandaskan spiritualitas Yesus Kristus,”
https://3.bp.blogspot.com/-5dBUqqVcEZs/W1yeP7IGoQI/AAAAAAAAA4s/IkHp983IN78rcyyJy8JCFqr1pYpPnpDKACLcBGAs/s640/44.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-5dBUqqVcEZs/W1yeP7IGoQI/AAAAAAAAA4s/IkHp983IN78rcyyJy8JCFqr1pYpPnpDKACLcBGAs/s72-c/44.jpg
VERBIVORA.COM
http://www.verbivora.com/2018/07/dpc-pmkri-cabang-kupang-periode.html
http://www.verbivora.com/
http://www.verbivora.com/
http://www.verbivora.com/2018/07/dpc-pmkri-cabang-kupang-periode.html
true
1552102979589694575
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow KONTEN PREMIUM Bagikan untuk buka kunci Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy