Young Entrepreneurship: ‘’Pilot Project’’ Transformasi

BAGIKAN:

Foto: Wahyu Handoko (Jaket loreng berkacamata) mewakili APINDO DKI Jakarta dalam acara pembukaan

DKI JAKARTA, VERBIVORA.COM
PMKRI Jakarta Pusat menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Young Entrepreneurship bertajuk, “Set Up Your Mind To Be Entrepreneur’’ yang berlangsung di gedung Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi pada 26-28 Juli 2019 (Jumat-Minggu).


Menurut Ketua Panitia, Florentina Tawa, sebagai generasi muda tentu kita harus berpikir konstruktif dalam membangun pola hidup kita dalam jangka yang panjang. Ruang entrepreneurship menjadi ruang untuk bisa membawa diri menjadi seorang yang sukses dimasa mendatang. Dalam kesempatan ini, selama tiga hari kita akan menerima materi sekaligus simulasi merangkap praktek berwirausaha secara langsung dari para pelaku usaha yang sesuai dengan produk yang akan dihasilkan. Ungkap Florentina dalam sapaan pembukanya kepada semua peserta yang terlibat mengikuti pelatihan tersebut.

Ketua PMKRI Jakarta Pusat, Ignatius Pati Ola, mempertegaskan hal yang sama ketika memberikan sambutan pembuka, menyampaikan bahwa di Indonesia saat ini berhadapan dengan semakin meningkatnya angka pengangguran, maka sebagai salah satu organisasi pengakaderan yang basisnya adalah usia produktif, kami merasa perlu bahkan sangat sudah menjadi kebutuhan zaman dalam memacu diri untuk dapat menciptakan ruang kreatifitas yang produktif.

PMKRI Jakarta Pusat menyadari betul bahwa ruang menjadi pengusaha menjadi salah satu pilihan yang efektif bagi generasi muda yang ingin sukses dimasa mendatang. Tentu, Harapan kami adalah seluruh peserta mampu mengikuti kegiatan ini secara baik dan dapat diaktualisasikan setelah dari kegiatan ini. Ungkapnya sembari secara resmi membuka kegiatan tersebut. 
Foto: Peserta sedang menyimak tim Trainer dari Bogasari Baking Center sebelum praktek pembuatan kue

Wahyu Handoko sebagai salah satu anggota penyatu dan juga bagian dari APINDO turut memberikan apresiasi atas prakarsa dan semangat berwirausaha yang mulai digiatkan kembali di PMKRI. Beliau berharap kegiatan ini tidak hanya dalam tiga hari tetapi perlu ada follouw up sehingga memberikan dampak yang besar bagi yang fokus berwirausaha. Generasi Muda tentu menjadi tolok ukur bangsa ini dalam menatap masa depan yang lebih baik.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerja sama antara PMKRI dan dukungan dari berbagai pihak dinataranya, Bogasari Baking Center, Indofood, APINDO DKI Jakarta, Du’Anyam, serta Balai Besar Peningkatan Produktivitas Bekasi.

Narasumber yang terlibat dalam pelatihan tersebut adalah Tim Trainer dari Bogasari Baking Center, pendiri kerajinan Kulit  Telur, bapak Dwiyono, Marianus Nuban Pelaku usaha Jasuke dan Hannah Keraf dari social entrepreneur Du’a Anyam.

Kegiatan yang sama melibatkan 30 peserta yang ikut mendaftar. Latar belakang kampusnya pun beragam. Mereka pun sangat antusias sejak awal proses berjalan. Karena kegiatan tersebut tidak hanya materi saja, tapi secara langsung praktek dan simulasi. Semangat dan suasana keakraban pun terjalin secara spontan selama kegiatan berlangsung. Para peserta bersemangat karena para narasumber yang hadir adalah pelaku wirausaha sosial itu sendiri.

Sehingga yang mereka bagikan adalah pengalaman nyata dalam membangun sebuah komunitas bisnis. Kekayaan akan pengalaman lapangan tersebut jadi bekal yang mumpuni bagi mereka untuk bisa mengambil keputusan entah untuk bertahan atau menyerah. Bahwa jatuh bangun membangun sebuah wirausaha sosial yang punya nilai jual kelak, semua orang harus siap untuk menerima resiko apapun itu. Berani bertanggung jawab serta kerjasama membangun jaringan sebagai langkah awal bertumbuh bersama dalam berwirausaha.
Foto: Peserta sedang fokus membuat kue dari Terigu

Setelah pembukaan pada hari pertama, para peserta diberi pengantar oleh Wahyu Handoko yang mewakili APINDO. Menurutnya, kunci sukses berwirausaha adalah keberanian untuk mencoba dulu, baru memikirkan bagaimana manajemen dan pranata masa depan konsep bisnisnya. Banyak orang punya modal kapital yang mumpuni namun tidak bisa bertahan dan memulai berwirausaha karena kurang berani. Pikirannya diliputi oleh rasa takut akan kejadian yang menghambat nanti kalau usahanya berjalan, padahal itu hal biasa dalam dunia usaha.

Sementara menurut Nadia, salah satu peserta mengungkapkan kegembiraannya karena banyak ilmu baru yang diperoleh dan bisa membentuk jiwa inovasi dalam dirinya. Baginya pengalaman yang sangat menarik karena baru kali ini dia mengikuti kegiatan entrepreneur yang dipandu langsung oleh pelaku usahanya, sehingga pengalaman berharga mereka menginspirasi kami peserta. Harapannya, semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan sebagai ajang untuk menciptakan generasi milenial dalam menyambut masa depan dengan berani untuk ciptakan lapangan kerja baru. Ungkap mahasiswa universitas 17 Augustus 1945 Jakarta tersebut.

Pada hari kedua, kegiatan difokuskan langsung pada simulasi dan praktek langsung yang dipandu oleh pelaku usaha yang hadir sebagai narasumber dalam kesempatan yang sama. Dwiyono membuka sesi ini dengan berbagi pengalamannya dalam membangun wirausaha sosial yakni kerajinan Kulit Telur. Baginya membangun wirausaha sosial bisa terinpirasi dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Bahkan pengolahan sampah bisa menjadi inspirasi banyak orang untuk menjadikan sesuatu bernilai ekonomis. Pada akhirnya juga keberanian untuk memulai itu juga sangat penting. Mungkin inilah penyakit masyarakat Indonesia selalu terhambat untuk memulai. Intinya tidak ada usaha yang berjalan mulus di dunia ini, semua butuh proses. Artinya pelatihan seperti ini harus sering dilaksanakan. Selepas itu peserta langsung di bagi dalam kelompok untuk memulai praktek yang dipandu oleh Dwiyono sendiri.
Foto: Peserta seang fokus melatih kerajinan dari Kulit Telur
Bagi Rini Goran yang juga peserta, mengutarakan rasa bahagianya, karena banyak nilai dan inspirasi yang dia dapatkan. Kisah inspirasi soal bagaimana sukses berwirausaha, bagaimana mengelola waktu, memilih rekan kerja seperti apa yang mau diajak. Rasanya ingin berhenti kuliah dan membangun komunitas bisnis saja yang suatu saat bisa jadi besar, ungkapnya disertai tawa. Dia berharap generasi milenial ke depan bisa berani untuk membangun wirausaha sosial, jangan pernah takut untuk gagal, sebab perjuangan yang keras tidak akan mengkhianati hasil.


Sejalan dengan itu, tim trainer dari Bogasari Baking Center pun menungkapkan hal yang sama. Menarik untuk sesi ini karena antusias peserta kian terasa dengan praktek pembuatan beberapa contoh makanan yang bahan dasarnya dari tepung Terigu. Hal ini bisa terlihat dari aktivitas peserta yang santai tapi serius. Peserta pun larut dalam tanya jawab tanpa rasa minder karena sembari praktek. Susana pun makin bersahabat karena semua peserta aktif dan serius mempraktekkan apa yang dipandu oleh tim BBC. Para trainer BBC sangat senang dengan antusiasme peserta, sehingga hampir semua peserta langsung bisa membuat kue yang bahan dasarnya Terigu.

Foto: Peserta bersama Founder Du'anyam, Hannah Keraf (berdiri barisan depan ketiga dari kiri)

 
Sementara Marianus Nuban Pelaku usaha Jasuke menitikberatkan pada niat lalu berani untuk berbuat sesuatu. Pengalamannya membangun usaha hanya mensyaratkan pada dua aspek di atas. Niat mendorong kita untuk berani berbuat. Hal lain adalah, berani untuk bertanggung jawab atas resiko apapun yang akan terjadi nantinya dan jangan pernah merasa malu. Hannah Keraf menekankan pada nilai dan dampak sosial dari komunitas bisnis yang kita bangun. Bahwa keuntungan yang kita pikirkan, tapi inti dari wirausaha sosial adalah dampak sosial dan aspek nilai kultural yang harus jadi pegangan agar kita bisa punya nurani dalam membangun bisnis yang demikian. Indonesia sangat kaya soal nilai-nilai kultural ini, yang bisa dijadikan inspirasi untuk membangun komunitas bisnis yang bersahabat secara sosial budaya. Itulah pengalaman saya bersama teman membangun Du’anyam.


Pada akhirnya, kegiatan ini sebenarnya sebagai langkah awal  Pilot Project mengenai transformasi organisasi di tubuh PMKRI yang diselenggarakan di Bandung akhir Februari 2019 lalu. Perlu diakui bahwa PMKRI selama ini sering dilabeli oleh berbagai kalangan bahwa fokus gerakan dan pengkaderan hanya pada lingkungan politik. Transformasi yang telah berlangsung dengan berbagai kegiatan rencana aksi sebagai uji coba akan terus dilakukan.

Artinya PMKRI yang dulu dinilai politis akan perlahan kita imbangi dengan social entrepreneur sebagai salah satu domain pengkaderan yang fokusnya pada pembentukan jiwa muda dalam berwirausaha. Apalagi gejala Revolusi Industri 4.0 sudah di depan mata, bila kita tidak sambut dengan kreativitas dan inovasi, maka akan terjadi disrupsi. Zaman semakin maju, teknologi mengiringi dengan kecanggihannya sudah sangat membantu aktivitas manusia. Konteks ini, bila PMKRI sebagai organisasi pengkaderan tidak adaptif maka akan mudah untuk terombang-ambing dalam marus zaman yang kian gesit. Semoga pilot project ini jadi kisah awal menuju suksesi masa depan transformasi dengan menemukan ‘’habitus baru’’ dalam berorganisasi yang lebih kontekstual di era digital. (m/w)

KOMENTAR

Nama

#Kita_Indonesia,19,#Pilpres2019,4,#RUUPesantrendanPendidikanKeagamaan.,1,Aceh utara,1,Afganistan,1,afrika,1,Agama,1,Agus,1,Agustina Doren,3,Ahok,4,Aksi 2 Desember,1,Aksi Damai,1,Aktivis,2,Alboin Samosir,1,Alfred R. Januar Nabal,1,Amandemen,1,Amnesti,1,Anas,1,Anastasia Rosalinda,1,Anastasia Rosalinda B,1,ANBTI,1,Andre Pareira,1,Angelo Wake Kako,1,Anies,1,Anies-Sandi,1,Anis Baswedan,1,Apel Kebangsaan,1,Artikel,16,AS,3,B ERITA PMKRI,1,BADJA NTT,1,Bandung,1,Banjarmasin,1,Bara Pattyradja,2,Bayi,1,Beijing,1,Beijng,1,Berita,2,berita PMKRI,2,Berita PMKRI Kupang,2,Berita PMKRI Pusat,16,Berita PMKRI Ruteng,2,Berita PMKRI Samarinda,2,Bhumibol,1,Bogor,2,Bogor Tolak Khilafah,1,Bone,1,BPK,1,BPKP,1,Buaya,1,BUMN,1,Bunda,1,Buni yani,1,Bupati Lembata,1,BUPATI NAGEKEO,1,Cagub,1,Cegah Radikalisme,3,Cerpen,3,CHINA,1,Chrisantus Nana,1,cina,1,Cipayung Plus,1,covid-19,3,Daerah,35,Demo Susulan,1,Demokrasi,7,Den Haag,1,Denpasar,1,Densus Tipikor,1,Desa Bantala,1,Desak,1,Dhani,1,Dialog,1,Dibekap,1,Dibenturkan,1,Diciduk,1,Diplomasi,1,Dipolisikan,1,Dirjen Bimas Katolik,1,Disintegrasi Bangsa,1,Ditangkap,4,Ditendang,1,Diteror,1,Djarot,1,DONASI BUKU,1,DPD,4,DPD-RI,1,DPR RI,1,DPRD NTT,1,Dukun,1,Duta Genre,1,Efraim Mbomba Reda,1,Ekologi,1,Eksekusi,1,Epenk Djawang,2,Era 4.0,1,Erens Holivil,1,ESDM,1,Fahri,1,Febby Siharina,1,Filipina,1,Flores Timur,2,Florianus Herminus Mau,1,Fokus,9,Freeport,2,Gabriel Toang,1,Gadungan,1,GAME ONLINE,2,Geert Wilder,1,Gempa Lombok,6,Gempa NTB,3,Gempa Palu,3,Gempa Palu #Kita_Indonesia,4,Glen Fredly,1,GMKI,5,GMKI Makassar,1,GMNI Makassar,1,GMNI Sumut,4,GP Ansor,1,Gratifikasi,1,Greget,1,GUSDURian,1,Gusma,1,Habib Riziq,1,Habibie,1,Hacker WhatsApp,1,HAITI,1,Hari HAM,5,Hari Kartini,3,Hari Pahlawan,3,Hari Valentine,1,Hillary,1,Hillary Clinton,1,HIMAPEN JABODETABEK,1,Hindari Kriminalisasi,1,Hoax,1,Human Trafficking,2,ICRP,1,ICW,1,Ignatius Pati Ola,1,IKASANTRI,2,Impor Garam,1,india,1,inggris,1,Intan,1,Intelijen,1,Internasional,50,Irak,4,IrmanGusman,3,ISIS,1,Islamophobia,1,Israel,1,Istri Dimas kanjeng,1,Jaga Toleransi,1,Jajak Pendapat,1,Jakarta,23,Jembatan Waima,1,JEMI BERE,1,Jipik,1,Jokowi,5,Jokowi.,1,Jurnalistik,1,Kabar PMKRI Maumere,4,Kabar IMCS,1,Kabar PMKRI,11,Kabar PMKRI Ambon,3,Kabar PMKRI Bogor,1,Kabar PMKRI Bogor.,1,kabar PMKRI Denpasar,1,Kabar PMKRI Jambi,1,Kabar PMKRI Makassar,5,Kabar PMKRI Malang,2,Kabar PMKRI Mataram,1,Kabar PMKRI Nasional,1,Kabar PMKRI Nias,2,Kabar PMKRI Palopo,1,Kabar PMKRI Pekanbaru,5,Kabar PMKRI Pematangsiantar,4,Kabar PMKRI Pontianak,1,Kabar PMKRI Ruteng,5,Kabar PMKRI Samarinda,4,Kabar PMKRI Sintang,2,Kabar PMKRI Yogyakarta,2,Kabinet Indonesia Maju,1,Kabupaten Malaka,1,Kabupaten NAGEKEO,1,Kalbar,1,Kalimantan Selatan,2,Kampanye,2,Kapolda,1,Kapolda Metro Jaya,1,Kapolri,3,Kasidi,1,katedral makasar,3,Katolik,1,Keberagaman #KitaIndonesia,1,Kebhinekaan,2,KEJAGUNG,1,Kejari,1,kejati bengkulu,1,Kekerasan Militer,1,Kekerasan Seksual,1,Kembalikan,1,Kemenag,1,Kemendes PDTT,1,Kemenkumham,2,Kesehatan,2,Khawatir MUI Ditunggangi,1,Kita Indonesia,16,KOMDA PAPUA,1,komda sumbagsel,1,komda timor,1,Kominfo,18,Komnas HAM,2,Komnas Perempuan,1,kompas media,1,Komputer,1,koneksi internet,1,KontraS,2,Korupsi,2,Korupsi Perum Perindo,1,KPK,4,KPU,1,KWI,1,Labuan bajo,1,LAMPUNG,2,Larantuka,1,Lembaga Kajian PP PMKRI,1,Lembaga Negara,1,Lidya Sartono,1,LIPI,1,LITERASI,1,LKK,1,Logo PMKRI,1,Lulung,1,Mabim PMKRI Pontianak,1,Mahasiswa Papua,2,Mahmudi,1,Majelis Adat Dayak,1,Makasar,2,Makassar,1,Malang,1,MANGGARAI,2,Mario Fernandez,1,Mario Yosryandi Sara,2,Mars Wera,1,Maruarar Sirait,1,Marz Wera,1,Mata Rakyat,1,MEA,1,Megawati,1,meksiko,1,Menag,1,Menhan,1,Menkominfo,8,Menlu Tongkok,1,Michell Rompis,1,Militan,1,Militer,1,MIMIKA,1,MPAB,4,MPAB PMKRI Ruteng,1,MPAB/MABIM,1,Muchdi,1,Munir,1,Mutilasi,1,Myanmar,8,Nagekeo,1,Narkoba,1,Nasional,256,Natal 2018,1,Natal Bersama Kota Bogor.,1,Natalius Pigai,1,Nawacita Jokowi,2,Nawacita Jokowi Gagal,1,New York,3,Ngada,1,NKRI,1,NTT,2,NU,1,Obama,1,Okto Nahak,1,OMK,1,Opini,109,Orang Muda,1,Ormas,1,Otsus,2,Ovin Gili,1,Padang,1,Papua,6,Parade Bhineka Tunggal Ika,1,Pariwisata,1,Parno S. Mahulae,1,Partai Demokrat,2,Partai Komunis,1,Pasar Danga,1,Patung Buddha,1,Paulus Gemma Galgani,1,Paus,2,Paus Fransiskus,3,PB PMII,2,PBB,1,PDIP,1,Peduli Kemanuisan.,1,Pelayanan Publik,1,Pembangunan,1,Pemboman,2,Pemkot Malang,1,Pemkot Surabaya,1,pemprov jambi,1,Penangguhan,1,Pendidikan,2,Penembakan Anggota PMKRI,1,penistaan agama,1,Perbedaan,1,Perbup,1,Perempuan,1,Pesan Prabowo,1,PHPT PP PMKRI,1,Pilkada,4,Pilkada Damai,1,Pilkada Jakarta,2,Pilpres 2019,5,Pilpres2019,5,PK Makassar,1,PKB,1,PLTP Mataloko,1,PMII,1,PMKRI,127,PMKRI Alor,1,PMKRI Ambon,4,PMKRI ATAMBUA,1,PMKRI Bali,1,PMKRI Balikpapan,1,PMKRI Bandar Lampung,4,PMKRI Banjarmasin,1,PMKRI Batam,1,PMKRI Bengkulu,12,PMKRI Bogor,1,PMKRI Cabang Ngada,1,PMKRI Calon Cabang Sambas,1,PMKRI Denpasar,3,PMKRI Ende,3,PMKRI Flores,1,PMKRI Gorontalo,1,PMKRI Jajakan Gowa,2,PMKRI Jakarta Pusat,17,PMKRI Jakarta Timur,1,PMKRI Jakarta Utara,1,PMKRI Jambi,6,PMKRI Jayapura,1,PMKRI Jogja,1,PMKRI Juara,1,PMKRI Kalimantan Tengah,2,PMKRI Kapuas Hulu,1,PMKRI Kefa,2,PMKRI Kendari,3,PMKRI Kupang,13,PMKRI Lampung,3,PMKRI Langgur,5,PMKRI Larantuka,1,PMKRI Madiun,1,PMKRI Makassar,23,pmkri malaka,4,PMKRI Malang,7,PMKRI Manado,4,PMKRI Mataram,1,PMKRI Maumere,20,PMKRI Medan,5,PMKRI Nias,1,PMKRI Padang,1,Pmkri palangka Raya,6,Pmkri palangkaraya,3,PMKRI Palembang,7,PMKRI Palopo,8,PMKRI Palu,1,PMKRI Papua,2,PMKRI Peduli,6,PMKRI Pekanbaru,2,PMKRI Pematangsiantar,4,PMKRI Pontianak,1,PMKRI Regio Timor,1,PMKRI Samarinda,8,PMKRI Sambas,1,PMKRI Saumlaki,1,PMKRI Siantar,6,PMKRI Sibolga,1,PMKRI Sintang,1,PMKRI Sorong,1,PMKRI Sumatera,1,PMKRI Sungai Raya,2,PMKRI Surabaya,4,PMKRI Surakarta,2,PMKRI Timika,1,PMKRI Timor,2,PMKRI Tomohon,2,PMKRI Tondano,4,PMKRI Toraja,8,PMKRI Tual,1,PMKRI Yogyakarta,1,PMRI Ende,1,PNS,1,Polemik UPR,1,Polisi,3,Politik,11,Politisasi SARA,1,POLRES Sikka,1,POLRI,1,POLTEK Kupang,1,PP GMKI,1,PP PMKRI,31,PPKM,1,Presiden,1,Press Release,5,Pribumi,1,Profil,4,Prolegnas,1,Prostitusi Online,2,Puisi,15,Pungli,1,Putin,1,Radikalisme,1,Raja,1,RAKERNAS,1,RAKERNAS PMKRI,3,Ratna Sarumpaet,1,Refleksi Hari Kartini,2,Regional,232,Regional. PMKRI Sumatera,1,Rendi,1,Rendy Stevano,2,Restu Hapsari,1,Rikard Djegadut,1,Rinto Namang,1,Risma,1,Rizieq,2,Robertus Dagul,4,Rudal,1,Rumah,1,Rusia,1,RUU PKS,1,Sakinem,1,salman khan,1,Samarinda,3,Samarinda.,1,Sandiaga,1,satelit 6G,1,SENAT Mahasiswa,1,Seribu Lilin,1,Setya Novanto,2,Siaran Pers,3,SIKKA,2,Sistem,1,Siti Zuhro,1,Somalia,1,SPI,1,STKIP Betun,1,Stop Kekerasan Terhadap Perempuan,1,Strategi,1,Sukmawati,1,sulawesi barat,1,Sulawesi Selatan,2,sulsel,1,Suriah,1,Survei,1,Swedia,1,Tahan Ahok,1,Tahun Baru 2019,1,Taliban,1,Tanjung Balai,1,Tedy Ndarung,1,telegram kapolri,1,Teologi Maut,1,Tepo Seliro,1,Teresa,1,Terorisme,3,Thomas Tukan,2,Thomson Sabungan Silalahi,1,TKW,1,TNI,3,Tolak HTI,2,Tomson Silalahi,1,Tondano,1,toraja,1,Transaksi,1,Trump,3,Tumor Ganas,1,Uang,1,UNDANA Kupang,1,Unipa Maumere,2,Uskup Kupang,1,Ustad Yahya Waloni,1,UU ITE,1,Vaksin,3,Vatikan,6,Vebivorian,1,Verbivorian,8,Verbivorian. PMKRI Jakarta Pusat,2,Wali Kota,1,WaliKota,1,Wanita Berjilbab,1,Wartawan,1,Wartawan TEMPO,1,WhatsApp,1,WHO,1,Wikileaks,1,Wiranto,1,Wuhan,1,Xi Jimping,1,Yensiana,1,Yogen Sogen,4,
ltr
item
Verbivora.com: Young Entrepreneurship: ‘’Pilot Project’’ Transformasi
Young Entrepreneurship: ‘’Pilot Project’’ Transformasi
"Semoga pilot project ini jadi kisah awal menuju suksesi masa depan transformasi dengan menemukan ‘’habitus baru’’ dalam berorganisasi yang lebih kontekstual di era digital"
https://1.bp.blogspot.com/-fsLH7bJKfhs/XUAWibNXlPI/AAAAAAAAAHg/BX2rx8NIxHwkw3hztDFYxsYvSvo64EHRACLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-07-27%2Bat%2B01.12.52.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-fsLH7bJKfhs/XUAWibNXlPI/AAAAAAAAAHg/BX2rx8NIxHwkw3hztDFYxsYvSvo64EHRACLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-07-27%2Bat%2B01.12.52.jpeg
Verbivora.com
https://www.verbivora.com/2019/07/young-entrepreneurship-pilot-project.html
https://www.verbivora.com/
https://www.verbivora.com/
https://www.verbivora.com/2019/07/young-entrepreneurship-pilot-project.html
true
1552102979589694575
UTF-8
Semua postingan Belum ada postingan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang Anda cari Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Follower Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy